Cara Menghapus Adware di Android – Awal cerita, saya ingin mendownload aplikasi dari suatu situs download, namun secara tidak sadar karena banyaknya tombol download :v, saya mendownload APK yang berupa adware. Karena memiliki nama file yang sesuai dengan aplikasi yang ingin saya install, saya tidak curiga sedikitpun. Dan kemudian saya install di smartphone saya.

Saya menyadari kalau itu berupa Adware karena setelah diinstall aplikasi yang saya inginkan malah nggak ada, dan ketika di lihat di daftar aplikasi terdapat aplikasi yang mencurigakan(com.veniosg.dir.android) . Berikut ini ciri-ciri dari adware tersebut :

1. Sering muncul iklan

Iklan Pop-up

Iklan Pop-up

Setelah adware tersebut menyusupi smartphone, akan sering muncul pop-up iklan secara tiba-tiba padahal tidak dalam membuka aplikasi apapun.

2. Terdapat aplikasi yang mencurigakan

Daftar Aplikasi

Daftar Aplikasi

Setelah APK diinstall, aplikasi yang kita inginkan tidak ada, namun ketika kita ingin menginstall APK tersebut lagi terdapat keterangan bahwa APK tersebut sudah terinstall. Dan ketika di lihat di daftar aplikasi yang terpasang di smarphone, terdapat aplikasi yang tidak memiliki nama/aneh.

com.veniosg.dir.android

com.veniosg.dir.android

Pada kasus saya, ketika dilihat di nama APK, adware tersebut memiliki nama APK com.veniosg.dir.android. Dalam beberapa kasus, aplikasi tersebut dapat diunistall secara langsung. Namun dalam kasus saya, ketika saya ingin menghapus aplikasi tersebut tidak terdapat tombol untuk menghapus/uninstall aplikasi tersebut.

Untuk informasi, smartphone saya dalam keaadan belum di root, sehingga saya asumsikan jika ada adware masuk, adware tersebut tidak mungkin bisa merusakan sistem utama saya.

Setelah saya googling yang cukup lama, saya mendapatkan cara untuk menghapus adware tersebut. Berikut ini langkah-langkah menghapus adware tersebut:

1. Install aplikasi “ES Pengelola Berkas” dari Playstore

ES Pengelola Berkas

ES Pengelola Berkas

2. Setelah ES Pengelola Berkas terinstall, buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu APP

ES Main

ES Main

3. Kemudian cari APK yang tidak memiliki nama

Adware

Adware

4. Klik tombol Uninstall

Uninstall Adware

Uninstall Adware

5. Jika ada permintaan hapus akses admistrator, langsung hapus saja

6. Selesai

Itulah artikel cara menghapus adware di Android berdasarkan pengalaman saya sendiri. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar

Posted by Luqman Hakim

I am Luqman Hakim, founder of this blog. I am Software Engineer and IT Security Enthusiast from Indonesia. I spend most of my time in doing programming and playing CTF (Capture the Flag)

5 Comments

  1. Thank you for your blog post.Really thank you! Awesome.

    Reply

  2. Thanks, work gan

    Reply

  3. Makasih postingannya, beneran membantu. Saya ga pake es pengelola berkas sih, males instal. Jadi pake revo uninstaller mobile aja. Sama2 work. 😀

    Reply

  4. Kok ga bisa ya? Ga terjadi apa apa

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.