Kode Rahasia Android

Kode Rahasia Android

Kode Rahasia Android – Setiap produk Smartphone atau Tablet Android yang diproduksi oleh vendor – vendor ternama memiliki kode – kode penting. Kode penting tersebut digunakan untuk menguji, mengetes, maupun digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kondisi Android itu sendiri. Walaupun sebenarnya setiap vendor memiliki kode yang berbeda, namun ada beberapa kode yang sama atau bisa digunakan di semua versi Android.

Kode Rahasia Android

Dengan kode tersebut kita dapat mendapatkan informasi dari smartphone Android kita. Tidak hanya untuk mendapatkan Informasi dan Cek saja, kode tersebut bisa berguna disaat ada masalah pada Android ada seperti error, macet/hang, dan lainnya. Salah satu contoh yang sering digunakan adalah *#06#. Kode tersebut adalah perintah untuk mengecek nomor IMEI smartphone Android. Penasaran dengan kode-kode lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. *#0000#* – Cek Asli atau Palsu
    Kode diatas dapat digunakan untuk mengetahui keaslian dari sebuah smartphone dan tablet android, biasanya kode ini bisa bekerja di smartphone dengan vendor Samsung.
  2. *#*#2664#*#* – Cek Kemampuan Layar Sentuh
    Dengan kode diatas, anda bisa menguji atau test kemampuan layar sentuh smartphone Android anda, apakah masih dapat berfungsi secara normal atau tidak.
  3. *#*#0*#*#* – Cek Performa Layar LCD
    Dengan kode diatas, bisa anda gunakan untuk menguji atau mengetes warna dan detail pada layar, apakah semuanya masih berjalan secara normal atau tidak.
  4. *#*#1472365#*#* – Cek Kualitas GPS
    Kode ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah GPS kamu sudah berfungsi dengan baik atau belum. Selain itu, kode ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan GPS pada smartphone Android anda.
  5. *#*#34971539#*#* – Cek Informasi Kamera
    Dengan kode diatas, anda bisa mendapatkan informasi mengenai kamera smartphone Android anda secara detail mulai dari resolusi, pixel, kualitas, dan informasi lainnya.
  6. *#*#232331#*#* – Cek Bluetooth
    Kode diatas digunakan untuk menguji dan mendapatkan informasi mengenai keadaan Bluetooth di smartphone Android anda, apakah masih berfungsi secara normal atau tidak.
  7. *#*#0842#*#* – Cek Getar dan Flashlight
    Dengan kode diatas, bisa anda gunakan untuk mengecek atau menguji getar pada smartphone, apakah masih berfungsi secara normal atau tidak.
  8. *#*#0673#*#* atau ##0289## – Cek Audio / Suara
    Kode diatas digunakan untuk mengetahui kualitas audio atau suara pada Android anda, cobalah dengan memasukkan kode diatas. Dengan kode diatas, anda bisa tahu informasi mengenai masalah pada Audio atau suara di smartphone Android anda.
  9. *#*#197328640#*#* – Cek Operator dan Internet
    Kode diatas berfungsi untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan jaringan dan operator yang anda gunakan.
  10. *#*#7780#*#* – Factory Reset
    Kode diatas digunakn untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan awal/pabrik dan menghapus semua data di  smartphone Android anda. Perlu anda ingat bahwa mengembalikan smartphone ke pengaturan awal/pabrik akan menghapus data secara permanen.
  11. *#06# – Cek Nomor IMEI
    Dengan kode diatas, anda dapat mengetahui nomor IMEI smartphone Android anda. Jika smartphone Android anda asli maka nomor IMEI akan tampil.
  12. *#*#4986*2650468#*#* – Cek Informasi Firmware HP, Hardware, PDA Dan RF
    Untuk kode diatas, anda bisa gunakan kode tersebut untuk mendapatkan informasi smartphone Android anda secara mendetail seperti Firmware HP, Hardware, PDA Dan RF.
  13. *#*#4636#*#* – Cek Informasi Statistik Penggunaan HP Dan Baterai
    Dengan kode diatas , anda bisa gunakan untuk menampilkan informasi mengenai statistik penggunaan smartphone Android dan kebutuhan dari baterai Android itu sendiri.
  14. *#*#3264#*#* – Menampilkan Versi RAM
    Kode diatas bisa anda gunakan untuk menampilkan informasi mengenai versi RAM Android yang digunakan.
  15. *#301279# – Menampilan menu kontrol HSDPA / HSUPA
    Dengan kode Android diatas, anda bisa gunakan untuk masuk ke menu kontrol jaringan Internet HSDPA/ HSUPA di smartphone Android anda.

Itulah beberapa kode rahasia Android. Sebenarnya ada banyak sekali kode rahasia Android, tapi saya hanya share beberapa saja yang sekiranya sering digunakan.

Untuk menggunakan kode-kode diatas cukup mudah, anda tinggal masuk ke  menu panggilan (dial), lalu masukkan kode yang ingin anda gunakan. Sebagai catatan, tidak semua kode diatas bisa berhasil, mungkin saja kode diatas berhasil di Smartphone A tetapi belum tentu bisa berhasil di smartphone B.

Sekian ulasan mengenai Kode Rahasia Android. Semoga bermanfaat 🙂

Luqman Hakim

I am Luqman Hakim, founder of this blog. I am Software Developer and IT Security Enthusiast from Indonesia. I spend most of my time in doing programming and playing CTF (Capture the Flag)

Leave a reply
Captcha Click on image to update the captcha .